Rabu, 09 Maret 2011

Makalah "Komputer dan Masyarakat"

Masa Depan Teknologi Informasi
1. Pendahuluan

1.1. Latar Belakang Masalah

Untuk menghadapi perubahan masyarakat yang berlangsung cepat, anda
harus menggabungkan apa saja yang telah anda pelajari di bab-bab selanjutnya
dengan pemahaman masa lalu dan kemudian menerapkan gabungan
pengetahuan tersebut untuk mengetahui dan memahami berbagai berbagai
perkembangan terbaru. Tinjauan ulang terhadap masa lalu diperlukan untuk
memahami bagaimana berbagai faktor saling berhubungan. Hal ini membantu
anda mengantisipasi bagaimana perubahan-perubahan pada faktor tersebut
dapat mempengaruhi masa depan. Mengantisipasi masa depan dapat membantu
anda bersiap-siap menghadapi perubahan di dalam pekerjaan dan kehidupan
pribadi anda. Hal ini memberi anda suatu kesempatan yang lebih baik untuk
mengendalikan perubahan yang akan mempengaruhi hidup anda, dan
menyediakan basis untuk mengambil berbagai keputusan berkaitan dengan arah
karir dan tindakan etis yang perlu anda buat ketika dibutuhkan.

1.2. Maksud Dan Tujuan
Maksud dari penulisan Tugas ini adalah :
1. Untuk memenuhi salah satu syarat penilaian mata kuliah Komputer dan
Masyarakat, Fakultas Teknik Jurusan Manajemen Informatika, Universitas
Komputer Indonesia.
2. Untuk mengetahui perkembangunan Teknologi Informasi di dunia pada
umumnya dan di Indonesia pada khususnya.
Sedangkan tujuan dari penulisan Tugas ini adalah :
1. Unuk lebih mengetahui dengan jelas bagaimana prospek perkembangan TI.
2. Menganalisa upaya Individu atau kelompok dalam upayanya untuk
menggunakan teknologi informasi sebagai media untuk membangun sebuah
media informasi dalam pencapaian tujuan.

1.3. Batasan Masalah
Batasan masalah ini dimaksudkan untuk membatasi analisa perkembangan
teknologi informasi ke depan sesuai dengan stakeholder yang terkait dalam
penggunaan sarana teknologi informasi yang ada.

2. Pembahasan
MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI

Masa lalu Membentuk Masa Sekarang
Pada tahun 1970an zaman tersebarnya computer personal dan
konektivitas jaringan sulit diramalkan. Pada saat ini computer mainframe masih
mendominasi. Pada 1970an dan awal 1980an, Jepang menguasai pangsa pasar
manufaktur AS dengan produk-produk berkualitas tinggi dan model bisnis yang
mengoordinasi berbagai usaha dengan pemerintah, bank, dan manufaktur.
Banyak orang berpikir model ini jauh lebih efisien dibanding model bisnis AS.
Pada 1982 Kementrian Perdagangan dan Industri Jepang (MITI) mengumumkan
suatu rencana untuk menjadi pemimpin dunia di bidang supercomputing.
Sebagian orang meramalkan bahwa kejayaan AS sebagai pemimpin dunia dalam
pemanufakturan dan komputasi, akan berakhir. Akan tetapi, berbagai factor baru
mulai memainkan peran, sebagian faktor tersebut adalah unik bagi Amerika
Serikat.
Untuk melihat perkembangan dan pemakaian teknologi informasi bisa kita
melihat dari penggunaan Internet di dunia. Internet adalah singkatan dari
Interconnection Networking, yang secara sederhana bisa diartikan sebagai a
global network of computer networks (Randal and Latulipe, 1995).
Dewasa ini, internet telah mengalami perkembangan yang luar biasa di
berbagai penjuru dunia. Pengguna internet telah berlipat ganda dari hari ke hari
seperti lompatan kuantum dalam jumlah. Hal tersebut juga terjadi di Indonesia.
Houghton mencatat pengguna internet di seluruh dunia sekitar 3 juta orang pada
tahun 1994, melonjak menjadi sekitar 60 juta orang pada tahun 1996, dan 100
juta orang pada tahun 1998. Dan sekarang pengguna internet telah mencapai
1.093.430.359 orang. Sungguh suatu peningkatan yang luar biasa.

Sementara itu, Tim Computer Network ITB pada tahun 1996 mencatat
jumlah pemakai internet di Indonesia mencapai 25.000 – 30.000 orang. Jumlah itu
meningkat menjadi ± 800 ribu orang pada tahun 1999 (Priyatmo, Kompas 12
Maret 2000). Menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia), jumlah tersebut meningkat tajam menjadi sekitar 2 juta orang pada
akhir tahun 2000 (Bisnis Indonesia, 4 Februari 2002). Pada akhir 2006, jumlah
pengguna internet di Indonesia mencapai 18 juta orang. Menurut Dirut PT Telkom,
Arwin Rasyid, dengan jumlah pengguna internet sebesar 18 juta, pengguna
internet di Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia. Dari jumlah tersebut,
di tahun 2007 ini, menurut Sylvia W. Sumarlin, Ketua Umum APJII, pengguna
internet di Indonesia berpotensi untuk bertambah 5 juta menjadi 23 juta
pengguna. Dan jumlah ini akan terus melonjak, diperkirakan mencapai 60 juta
pengguna pada tahun 2010.
Berdasarkan pernyataan Dirut PT Telkom, Arwin Rasyid, sebagaimana
tersebut di atas bahwa pengguna internet di Indonesia menjadi yang terbesar di
kawasan Asia, sedangkan kawasan Asia sendiri merupakan pengguna internet
terbesar di dunia, yakni sebesar 36 % dari jumlah seluruh pengguna Internet di
dunia (lihat bagan di bawah), maka pangsa pasar pengguna internet di Indonesia
sangat potensial dan strategis.
Internet yang memiliki kemampuan untuk : e-mail (surat-menyurat
elektronik), usenet newsgroup (kelompok diskusi online), listserv ( diskusi
menggunakan e-mail mailing list server), chatting, telnet (masuk ke komputer
tertentu dalam jaringan dan bekerja pada komputer tersebut), FTP (File Transfer
Protocol), gophers (menempatkan informasi yang disimpan pada internet server
dengan menggunakan hierarki menu), dan www (World Wide Web) ini semakin
hari semakin diminati masyarakat luas untuk berbagai kepentingan (Laudon and
Laudon, 2000). Dengan memiliki jaringan telepon dan seperangkat PC (Personal
Computer) dilengkapi modem kita pun bisa menikmati fasilitas internet
menggunakan jasa Internet Service Provider (ISP). Di Indonesia sendiri sekarang
terdapat sekitar 90 PJI (Penyelenggara Jasa Intertnet).
Dibagian berikut kita akan membahas Sembilan factor dan mendiskusikan
bagaimana mereka saling berinteraksi untuk menciptakan sebuah masyarakat di
mana komputer personal memainkan peran internet.
1. Peraturan undang-undang perlindungan hak cipta dan paten
Para pendiri Amerika Serikat mengenali pentingnya undang-undang hak
paten dan hak cipta, yang telah dikembangkan di Inggris. Konstitusi AS secara
rinci menjamin hak pencipta dan penemu. Sejak itu, kebanyakan orang Amerika
mengenali hak dari para pencipta dan penemu atas laba dari karya cipta mereka.
2. Semangat Kewirausahaan
Anak-anak Amerika belajar tentang Thomas Edison, Alexander Grahan
Bell, Henry Ford, dan yang lain yang menjadi terkenal dan kaya karena penemuan
dan bisnis mereka bangun. Seseorang yang mengambil risiko mengawali bisnis
baru adalah seorang Usahawan. Di banyak Negara, karya kreatif perorangan
mampu. Mereka tahu bahwa imigran lain yang pergi ke Amerika Serikat telah
membuat penemuan atau menulis buku, lagu, atau perangkat lunak yang
membuat mereka kaya. Banyak dari orang-orang paling kreatif dan paling cerdas
dating ke Amerika Serikat untuk bekerja dengan computer karena adanya peluang
untuk menjadi kaya.
3. Perlombaan Senjata dan Kemakmuran Pasca_Perang Dunia
Menjelang berakhirnya Perang Dunia II, Soviet dan Amerika berusaha
mendapatkan ilmuawan roket Jerman yang telah mengembangkan roket yang
digunakan untuk menyerang Inggris. Soviet memperoleh informasi berharga
tentang cara membuat penggerak (booster) roket, dan Amerika Serikat
mendapatkan dengan informasi dan pengalaman berharga tentang pembuatan
system panduan (guidance system). Akhirnya hal ini malah menguntungkan
Amerika Serikat karena ia menjadi pakar dal hal miniaturisasi komponen
elektronik yang menuju satelit yang memimpin kepada perkembangan transistor
dan sirkuit terintegrasi.
4. Laboratorium Riset Milik Perusahaan dan Universitas
Laboratorium yang melakukan riset terapan sedang mencari berbagai cara
untuk membuat penggunaan praktis dari suatu penemuan. Laboratorium lain
melakukan riset dasar untuk menemukan gejala yang sama sekali baru yang
mungkin atau mungkin tidak mempunyai aplikasi komersial. Lembaga pemerintah
membiayai riset dasar dengan pertimbangan yang sama, tetapi mereka juga
membiayai riset dasar hanya untuk menemukan sesuatu yang tak dikenal,
sekalipun ia hanya mempunyai sedikit kemungkinan komersialisasi. Tiga
laboratorium perusahaan yang mempunyai dampak penting pada komputasi
adalah IBM, Bell, dan Xerox.
5. Modal Ventura dan Pengurangan Pajak Perolehan Modal
Kapitalis ventura yang terkenal adalah Ratu Isabella dari Spanyol, yang
memutuskan untuk membiayai ventura beresiko tinggi oleh Christopher
Columbus. Uang yang mereka tanggung untuk membantu masyarakat memulai
perusahaan baru disebut modal ventura. Pada tahun 1950-an, Pemerintah AS
mengenali bahwa perusahaan-perusahaan baru membutuhkan modal, dan merek
mempromosikan Small Business Investment Companies (SBIC) yang bertindak
atas nama individu untuk menyatukan modal ventura mereka untuk membiayai
proyek-proyek yang lebih besar.
6. Perlawanan Budaya Tahun 1970-an
Perang Vietnam menyulut berkembangnya perlawanan budaya di antara
orang-orang muda yang menolak berbagai nilai dari orangtua mreka. Dipicu oleh
kemunafikan dan ketamakan dari mereka yang menghargai keuntungan pribadi
dan kekuasaan atas kebaikan orang-orang, perlawanan budaya justru
menghargai kehidupan yang berbagai tanpa mendapat keuntungan. Era Perang
Vietnam bersamaan waktunya dengan menyebarnya computer mainframe, dan
perguruan tinggi di seluruh AS menginstalnya dan mengajar para mahasiswa
bagaimana cara menggunakannya.
7. Meningkatnya Kekuasaan Perangkat Keras Secara Eksponen
Salah satu faktor yang memengaruhi komputasi personal adalah
meningkatnya kekuatan komputer, tetapi harganya jatuh. Tingkat dimana power
computer meningkat sementara harganya jatuh sungguh mengagumkan.
Ramalannya dapat disederhanakan dengan menyatakan bahwa kekuatan
komputasi sirkuit terintegrasi akan dua kali lipat setiap dua tahun. Ramalannya
dikenal sebagai Hukum Moore, mempunyai akurasi yang terbukti dalam rentang
waktu 38 tahun.
8. Nilai Konektivitas Meningkat Secara Eksponen
Pencipta Ethernet, Robert Metcalfe, menyatakan, “Nilai sebuah jaringan
adalah kuadrat dari jumlah pengguna jaringan tersebut,” yang dikenal sebagai
Hukum Metcalfe. Hukum ini juga berhubungan dengan pertumbuhan eksponen.
Hukum Metcalfe lebih sulit dikuantifikasi dibanding hokum Moore karena “nilai”
adalah istilah subjektif, tetapi kebanyakan bisnis menghubungkan computer
mereka besama-sama di dalam suatu jaringan untuk memanfaatkan efek
perkalian terhadap produktivitasmereka.
9. Usahawan yang Masih Menjalankan Perusahaan Besar
Pertumbuhan eksponensial dari daya pemrosesan dan perluasan Internet
telah melahirkan perusahaan yang paling kuat dan paling kaya di dunia, bahkan/
sekalipun mereka belum ada pada 30 tahun yang lalu. Usahawan yang masih
menjalankan perusahaan computer besar adalah: Bill Gates-Microsoft, Steve
Jobs-Apple, Michael Dell-Dell, Scott McNeely-SUN, Larry Ellison-Oracle.
Masa Kini Membentuk Masa Depan
· Aturan Undang-Undang (Kepastian Hukum)
Melindungi hak pencipta dan penemu adalah tanggung jawab
konstitusional kongres AS, tetapi sukar dipenuhi dengan adanya pengopian digital
yang akurat dan file server terdistribusi yang beroperasi di Internet. Berbagai
metode saat ini untuk mendistribusikan musik, video, dan perangkat lunak pada
CD mungkin akan digantikan dengan metode lain. Model yang barangkali akan
menjadi lebih popular adalah membayar sejumlah kecil uang per video atau lagu.
Model ini bekerja seperti kartu telepon. Anda menyimpan uang pada rekening
online, dan kapan saja anda ingin membeli sesuatu dari pedagang yang
berpartisipasi, anda mengklik sebuah ikon pada halaman Web dan harganya
dikurangkan dari rekening anda.
Sebuah studi oleh National Science Foundation pada 1999 melaporkan
bahwa ilmuwan computer yang bekerja di Amerika yang bergelar di atas sarjana,
29 persen dari mereka yang bergelar master adalah keturunan asing, dan 39
persen yang bergelar dokter adalah keturunan asing. Kemakmuran industri
computer AS tergantung pada kemampuan mereka untuk menarik talenta terbaik
dari seluruh dunia. Salah satu factor yang menarik orang-orang ini dating ke AS
adalah perlindungan terhadap hak-hak mereka untuk mendapat laba dari ide-ide
mereka.
· Kewirausahaan dan Modal Ventura
Kapitalis ventura akan membiayai usahawan jika mereka mempunyai uang
surplus untuk mengambil risiko dan jika mereka bersikukuh untuk membentuk
laba besar ketika mereka memahami hak usahawan. Banyak orang menilai bahwa
Microsoft menghambat pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang baru mulai
dengan cara menyalahgunakan kepemilikan Windows-nya dan sejumlah besar
uang yang mereka peroleh dari system operasi. Banyak perusahaan kecil
menciptakan perangkat lunak khusus yang melakukan sebuah fungsi yang sangat
penting. Jika Microsoft memilih untuk menciptakan sebuah produk yang bersaing
dan memasukkannya dengan windows dengan tanpa biaya tambahan,
perusahaan mereka kepada Microsoft. Motivasi lain untuk usahawan adalah
ketenaran. Thomas Edison dan Wright bersaudara adalah penemu Amerika
terkenal yang mendirikan bisnis yang sukses.
Banyak mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu komputer atau rancang
bangun komputer serig diberi label nerds atau geek, tetapi mereka adalah orangorang
yang mungkin menemukan atau merintis produk-produk yang akan
membentuk basis komputer untuk pekerjaan di masa depan. Untuk membangun
ekonomi yang kuat d imasa depan dengan basis computer, orang-orangmuda
perlu didukung oleh rekan sebaya mereka dan orang-orang lebih tua untuk
mengejar berbagai minat di dalam ilmu pengetahuan dasar, pemrograman, dan
ilmu komputer.
· Riset dan Kemakmuran Pasca_PD II
Sistem Soviet tidak bisa menyaingi Amerika Serikat dengan sukses dan
runtuh pada tahun 1990, meninggalkan Amerika Serikat sebagai satu-satunya
adikuasa. Sumber daya domestic AS, seperti minyak yang dipakai untuk
mendanai PD II dan perang dingin, sedang berkurang, dan AS mengeluarkan
uang untuk mengimpor minyak dan barang-barang manufaktur dengan
mengekspor produk dan jasa berkualitas tinggi. Amerika Serikat memimpin dunia
di bidagriset, tetapi perbedaan antaraAmerika Serikat den Negara-negara lain
semakin berkurang. Satu cara untuk mengukur performa Negara adalah dengan
memerhatikan neraca perdagangan dengan Negara-negara lain
· Perbedaan Budaya
Salah satu kekuatan besar Amerika Serikat adalah keanekaragaman
budaya, dan ini bener untuk budaya komputasi. Perlawanan budaya tahun 1970-
an memainkan peran penting dalam perkembangan computer personal, dan
pengaruhnya masih jelas ketika anda berinternet. Ada sangat banyak informasi
yang dibagikan dengan bebas, dan banyak program freeware, shareware, dan
perangkat lunak open-source.
· Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Hukum moore meramalkan kenaikan dua kali lipat dari power computer
setiap satu atau dua tahun. Para pakar di Bell Laboratories memperkirakan bahwa
batas teoritis dari transistor berbasis silicon akan dicapai menjelang 2012. Para
peneliti sedang mencari ide-ide baru untuk membuat chip computer lebih kecil,
lebih cepat, lebih kuat dengan bekerja di tingkat molecular. Alat yang kecil ini
diukur dalam nanometer, sepermiliar meter, dan teknologi dari alat ini disebut
nanoteknologi.
· Perubahan pada Antarmuka Komputer/Masyarakat
Unit sistem dari komputer desktop masa kini telah berubah secara
dramatis, tetapi monitor, keyboard, dan mouse tidak banyak berubah dalam 20
tahun terakhir.
Mengganti Monitor Monitor sedang berubah dari CRT ke panel datar, tetapi
gagasan yang lebih baru sedang dikembangkan. Satu metodenya adalah
memasang sebuah layer kecil pada sepasang kaca dengan sebuah lensa yang
membuat layer tampak mengapung di udara di depan kita. Metode lain adalah
membuat layer tampak mengapung di depan kita dengan menggunakan laser lowpower
untuk memproyeksikan gambar secara langsung ke retina di belakang bola
mata.
Mengganti keyboard dan mouse Belajar untuk mengetik pada sebuah
keyboard adalah penghalang untuk menggunakan computer yang sudah bersama
kita sejak awal. Pengenalan suara (voice recognition) adalah suatu teknologi yang
tumbuh dengan mantap. Kemungkinan besar pengenalan suara akan tumbuh
secara signifikan dalam 10 tahun ke depan pada titik dimana ia menjadi
alternative yang sehat untuk mengetik. Teknologi ini direpresentasikan dalam film
minority report, dimana para pengguna diurutkan melalui data dan gambar
dengan mengangkat tangan mereka di udara.
Realitas virtual dan avatar jika input sensori dari penglihatan dan sentuhan dapat
dikendalikan oleh computer dan computer dapat bereaksi terhadap tindakantindakan
pengguna maka individu dapat berinteraksi dengan dunia tiruan yang
disebut Realitas Virtual(VR). VR telah digunakan untuk mendesain kompartemen
penumpang mobil serta untuk melatih astronot dan pilot.
· Kecerdasan Tiruan
Ketika komputer mulai melakukan berbagai tugas yang serupa dengan
yang dilakukan oleh manusia, orang-orang mulai ingin tahu apakah computer
akan memiliki kemampuan untuk berpikir separti manusia ataupun berpikir dalam
cara yang sepenuhnya baru, yang mungkin lebih unggul dibanding manusia.
Kemampuan ini disebut Kecerdasan Tiruan (AL=artifical intelligence). Pada 1950-
an Alan Turing melakukan tes sederhana. Ia mengatakan bahwa anda mulai
dengan menempatkan seseorang pada sebuah keyboard yang berkomunikasi
dengan computer atau dengan seseorang. Jika oaring pada keyboard tidak bisa
menceritakan perbedaan antara respons computer dan respons orang muka
artinya computer telah mencapai kecerdasan. Komputer da[at mengikuti ter Turing
dan waktu singkat dan dalam lingkungan yang sangat terbatas.
Pada tahun 1997 sebuah komputer IBM bernama Deep Blue mengalahkan
juara catur dunia, dengan menggunakan metode yang oleh IBM dinamakan deep
computing. Deep computing Institute dari IBM menerapkan teknologi yang ia
kembangkan untuk memecahkan masalah yang rumit seperti memasangkan kru
dengan penerbangan, menilai risiko asuransi, memusatkan pencarian Web, dan
membandingkan campuran tumbuhan dengan informasi genetic untuk
mengidentifikasiaplikasi potensial sebagai obat. Komputer juga mampu
menyediakannasihat untuk berbagai masalah rumit di mana mereka mengambil
peran sebagai konsultan pakar. Sistem jenis ini disebut Sistem Pakar. Program
canggih dapat juga menganalisa database yang sangat besar, mencari pola-pola
yang tidak akan tampak nyata bagi manusia oleh karena ukuran database.
Menemukan pola-pola dalam database besar disebut data mining.
Kemampuan ini menjadi bagian Al, tetapi itu hanya permulaan. Ada
beberapa factor yang membatasi pengembangan Al. Salah satunya adalah
pengetahuan manusia tidak mampu menyediakan konteks untuk terminology atau
instruksi yang rancu, dan faktor lain adalah bahwa otak manusia tidak bekerja
seperti komputer digital. Para programer computer harus bekerja keras untuk
belajar bagaimana menuliskan instruksi lengkah demi langkah yang spesifik,
disebut algoritma, untuk bekerja dengan computer. Daripada berusaha menulis
algoritma yang mengantisipasi setiap penafsiran atau konteks yang mungkin,
ilmuwan komputer justru berusaha mendekati permasalahan dengan cara seperti
yang dilakukan oleh otak manusia. Masalah mendasar pengembangan computer
dengan Al adalah otak manusia dibangun dengan cara yag berbeda dibanding
computer digital.
Komputer dapat dengan lebih baik mengenali pola-pola perilaku dan dapat
digunakan untuk mendeteksi perilaku yang semestinya tidak terjadi. Ilmuawan di
laboratorium IBM mengembangkan sebuah system imun computer untuk melawan
virus, yang serupa dengan system imun manusia. Sistem imun manusia
menggunakan sel darah putih yang mengenali organisme yang bukan anggota
tubuh dan menyerang mereka. Kita mungkin mengetahui kreasi program
computer yang bertindak seperti sel darah putih, yang secara otomatis
mengidentifikasikan virus denganmengenali pola perilaku dan menyerang mereka
begitu mereka muncul. Sebuah pendekatan untuk memecahkan masalah yang
sulit dilakukan oleh computer digital adalah dengan menyusun mikroprosesor
dalam sebuah jaringan dengan koneksi ke masing-masing sama dengan cara sel
saraf di dalam otak dihubungkan ke banyak sel saraf lainnya. Pengaturan ini
disebut jaringan saraf. Komputer digital kemungkinan besar terus berkembang
sesuai hokum moore untuk sedikitnya 20 tahun, sehingga ada kemungkinan
bahwa mereka akan mendekati perilaku manusia secara lebih baik, dengan
menggunakan desain sirkuit digital tradisional.
· Robot
Para penulis fiksi ilmiah pada awalnya memimpikan mesin dengan
kecerdasan tiruan yang dapat melakukan pekerjaan manusia. Dramawan
Cekoslovakia, Karel Capek, mengadaptasi kata robota (bahasa Cekoslovakia)
yang artinya pekerjaan, untuk menggambarkan mesin ini. Kebanyakan penulis
fiksi ilmiah memimpikan robot humanoid yang dapat berbicara dan saling
berinteraksi seperti manusia. Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan seputar
moral dan etika tentang hak-hak untuk mesin Al adalah makhluk berbasis-silikon,
yang membedkan mereka dari makhluk berbasis-karbon seperti kita.
Contoh-Contoh
Meningkatnya kekuatan prosesor diharpkan terus berlanjut untuk sedikitnya
8 tahun ke depan dengan tidakada terobosan mendasar. Barangkali aka nada
juga perubahan-perubahan pada factor lain yang memberikan dasar bagi
pertumbuhan Amerika di bidang prosesor. Memroyeksikan tren masa lampau ke
masa depan tak selalu terlepas dari kesalahan, tetapi proyeksi seperti ini masih berguna untuk dilakukan dalam rangka membuat rencana dan menyiapkan diri
untuk perubahan yang akan datang. Disini ada beberapa contoh tentang apa yang
diharapkan pada 15 tahun berikutnya, bersama dengan beberapa spekulasi
tentang apa yang bisa terjadi dalam hidup kita.
Kesehatan
Komputer menyajikan kepada para professional layanan kesehatan dengan
peranti yang mempunyai kemajuan yang mengagumkan. Kita dapat
mengharapkan perubahan revolusioner di bidng biologi dan layanan kesehatan
menusia, yang menyaingi revolusi computer pada 1980-an dan 1990-an.
Mikroprosesor akan menjadi lebih kecil dan dapat ditanamkan di dalam jantung
manusia atau organ tubuh lainnya untuk memonitor dan melaporkan beberapa
jenis masalah sebelum masalah menjadi akut. Robot-robot itu dapat menyediakan
perawatan efektif untuk berbagai jenis kanker. Komputer telah digunakan dengan
laser untuk mengoreksi kornea mata untuk menghapuskan kebutuhan akan
kacamata. Komputer digunakan untuk memproses gambar dan menyediakan
penglihatan tiruan. Satu metode menggunakan sebuah retina tiruan yang
dilekatkan pada saraf optic di belakang bola mata, dan metode lain adalah
merangsang korteks visual dari otak secara langsung. Prototip kasar dari kedua
system ini telah diuji pada banyak manusia dengan hasil yang memberi harapan.
· Militer
Angkatan Bersenjata AS sangat menghargai nyawa tentara mereka dan
mereka menggunakan teknologi kapan saja mungkin untuk mengurangi resiko
bagi personilnya. Robot digunakan untuk masuk ke gua atau gedung untuk
menemukan musuh dan membawa bahan peledak. Militer melatih tentaranya
untuk menggunakan simulator yang dioperasikan oleh computer untuk
mengurangi biaya dan meningkatkan keselamatan. Kepercayaan pada teknologi
dan penempatan nilai tinggi atas nyawa manusia membuat Angkatan Bersenjata
AS menjadi kekuatan konvensional yanh paling kuat di dunia dan membuat
mereka dapat diisi oleh para sukarelawan. Kemungkinan ini mungkin terus
berlanjut ketika kemajuan teknologi computer terus diberlakukan untuk pelatihan
dan peralatan militer.
· Pemerintah
Pemerintah menghadapi beberapa tantangan pada tahun-tahun yang akan
datang sehubungan dengan perubahan pada komputasi dan kapabilitas internet.
o Setelah kontraversi mengenai banyaknya kartu suara pada pemilihan
presiden tahun 2000, ada momentum di balik gagasan untuk melakukan
pemungutan suara online.
o Lembaga penegak hukum mungkin dapat mengambil lebih banyak
keuntungan dari tes DNA dan biometrik U S Patriot Act akan diberlakukan
penuh, dan berbagai dabase akan digabungkan bersama untuk profile
individu, akibatnya adalah pricasi manjadi lebih sedikit.
o Penggunaan dabase computer dan analisis DNA terkomputerisasi akan
mengubah asumsi dasar mengenai asuransi kesehatan dengan
mengidentifikasi lebih dahulu siapa yang akan sakit atau mati
o Sistem de facto dari system nomor ID nasional kemungkinanbesar akan
muncul. Sistem dapat menggunakan nomor jaminan social atau angkaangka
yang mencerminkan bagian unik urutan DNA seseorang.
o Jika serangan teroris ke kota-kota besar dengan menggunakan senjata
pemusnah missal berhasil dilakukan, mungkin lebih banyak orang yang
akan pindah dari kota besar ke pinggir kota dan menggunakan
telecommuting dan telekonferensi untuk aktivitas kerja sehari-hari.
Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, khususnya
teknologi komputer sudah banyak mempengaruhi sebagian besar dalam dunia
usaha. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya penggunaan komputer
sebagian alat bantu dalam menyimpan dan mengolah data-data dalam suatu
dunia usaha. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang
penting dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat digunakan dalam
pengambilan keputusan yang sekarang maupun pengambilan keputusan pada
waktu yang akan datang.
· Teknologi Masa Depan Dunia Usaha
Pergi bekerja dari rumah ke kantor dengan cara terbang menggunakan
roket di punggung mungkin akan terjadi pada tahun 2030. Itulah perkiraan yang disampaikan oleh seorang panelis pada Diskusi ”Sewindu Reformasi Mencari Visi
Indonesia 2030”. Tidak hanya orang, mobil pun bisa terbang. Dahsyat dan
menakjubkan jika hal itu benar-benar terjadi nanti. Mereka-reka apa yang akan
terjadi di Indonesia 25 tahun yang akan datang memang tidak mudah karena itu
menyangkut perjalanan bangsa Indonesia dan umat manusia di dunia dalam satu
generasi. Bukan tidak mungkin nanti robot akan memiliki perasaan seperti
manusia melalui rekayasa DNA. Sebaliknya, sebagian perangkat tubuh manusia
akan ditambah dengan peralatan robot. Misalnya, pada sebagian tangan atau kaki
manusia nanti ada perangkat robotnya sehingga dapat memiliki tenaga ekstra
untuk bekerja atau berkarya melebihi manusia yang hidup pada zaman
sekarang.Tidak hanya itu. Sangat boleh jadi nanti manusia bisa melihat kehidupan
masyarakat di masa depan setelah ”dikirim” melalui perangkat yang disebut lorong
waktu (time tunnel) sehingga bisa mengetahui atau bahkan bisa mencegah
kemungkinan hal-hal yang bisa membinasakan kehidupan umat manusia di masa
datang. Jika kita membayangkan itu semua, sepintas mungkin seperti mimpi atau
sama seperti kita menyaksikan film-film fiksi sains di layar kaca atau
bioskop.Namun, hal itu sangat mungkin terjadi melalui revolusi teknologi dan
bioteknologi. Sebaliknya, jika kita melihat kondisi Indonesia sekarang, yang kita
saksikan adalah arus deras masuknya barang-barang dan perangkat teknologi
impor. Sebagian dari kita merasa bingung dan terkaget-kaget pada
perkembangan teknologi itu. Namun, sebagian lagi merasa tertantang oleh arus
masuk teknologi modern dalam ranah kehidupan kita sehari-hari. Sebagai
pengguna, adakalanya sebagian dari kita gagap dan bingung menghadapi
perkembangan teknologi yang berlangsung cepat ini. Contohnya, ketika sejumlah
menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu dilengkapi dengan alat kerja canggih
untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik melalui sebuah gadget,
sebagian di antara mereka ada yang gagap teknologi atau gaptek. Kalau di antara
penentu kebijakan masih ada yang lack of technology (kurang paham teknologi),
sangat bisa dimaklumi kalau masyarakat pada umumnya juga kesulitan untuk
dapat menerima teknologi baru. Bagi sebagian orang, cara berkomunikasi seolah
dianggap baru sempurna kalau dilakukan secara lisan dengan bertatap muka
secara langsung. Demikian pula dalam cara kita bekerja, adakalanya pergi ke
kantor merupakan suatu keharusan. Padahal, di era serba cepat seperti sekarang,
pekerjaan selayaknya berorientasi pada memaksimalkan output (hasil).Untuk pekerjaan tertentu, tidak mutlak lagi harus dikerjakan di kantor, tetapi bisa juga
dikerjakan di rumah. Oleh karena itu, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah
small office home office (SOHO). Di era serba teknologi seperti sekarang, cara
berkomunikasi dan melakukan transaksi bisnis yang efektif tidak selalu harus
melalui cara bertatap muka meskipun hal itu bisa menimbulkan gugatan dari
aspek budaya. Seperti kita ketahui, pada tahun 1990-an, transaksi perbankan
masih dilakukan secara konvensional, di mana nasabah yang hendak mentransfer
uang masih harus mendatangi kantor bank dan bertemu langsung dengan
customer service. Kalau banyak yang akan melakukan transaksi, para nasabah
harus bersabar untuk antre. Kondisi ini tentu saja sangat menyita waktu dan
sering menjengkelkan.Namun, kini, transaksi perbankan sudah bisa dilakukan
dalam waktu cepat melalui internet banking. Melalui sentuhan tangan di keyboard
komputer yang terhubung ke jaringan internet atau melalui smartphone, sekarang
nasabah sudah bisa melakukan transaksi perbankan dari mana dan kapan saja.
Perkembangan teknologi informasi mampu mengatasi dimensi waktu, ruang, dan
jarak. Jaringan komunikasi yang berkembang demikian pesat telah banyak
membantu umat manusia dan sejumlah perusahaan di jagat raya ini untuk saling
berinteraksi dan melakukan transaksi bisnis satu sama lain. Proses pengiriman
berita dari atas pesawat kepresidenan yang sedang mengisi bahan bakar di
Bandara Hongkong bisa dilakukan penulis dalam waktu relatif singkat melalui
sebuah gadget, ketika mengikuti rombongan Presiden Abdurrahman Wahid pada
tahun 2001.Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara pandang dan
perilaku orang dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga bisa mengubah
mekanisme kerja sebuah perusahaan. Adakalanya perkembangan teknologi
informasi yang berlangsung dengan cepat bisa melampaui perkembangan
perusahaan itu sendiri.Oleh karena itu, perusahaan yang lambat dalam mengikut
perkembangan teknologi bisa jadi akan tersisih dari dinamika masyarakat dan
kemungkinan bisa kalah dalam persaingan usaha. Saat ini jaringan internet relatif
sudah memasyarakat meskipun di Indonesia masih terbilang mahal untuk bisa
memakai internet, bila dibandingkan dengan di negara maju.
· Java Teknologi Masa Depan
Mungkin sebagian dari kita masih belum familiar dengan istilah Java,
padahal tanpa disadari, kebanyakan aplikasi yang berjalan di handphone,terutama game yang dipakai sehari-hari adalah salah satu hasil dari aplikasi Java.
Disamping itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh java adalah multi platform,
artinya setiap aplikasi yang kita bangun menggunakan bahasa Pemrograman
Java, maka akan berjalan dengan baik pada sistem operasi apa saja, bisa di
sistem operasi Windows, Linux, Unix dan lain-lain. Sebuah keunggulan yang tidak
dimiliki oleh bahasa pemrograman yang lain, sehingga tidak heran kalau bahasa
pemrograman Java di kenal dengan istilah ”Create once, run anywhere”Lalu,
kenapa Java di katakan sebagai teknologi masa depan adalah karena flesbilitas
dan kemudahan menggunakannya serta mampu mencakup keseluruhan aspek
pemrograman yang dibutuhkan di masa depan, yaitu :
1. Dengan Java kita mampu membangun aplikasi yang berbasis server
(website misalnya), teknologi ini disebut dengan J2SE (Java versi 2
Standard Edition)
2. Dengan Java kita mampu membangun aplikasi berbasis Teks maupun
Grafik (Graphical User Interface), teknologi ini disebut dengan J2EE (Java
versi 2 Enterprise Edition).
3. Dengan Java kita mampu membangun aplikasi berbasis Mobile, sehingga
bisa jalan di Handphone, teknologi ini disebut dengan J2ME (Java versi 2
Micro Edition).
Java adalah sebuah teknologi dalam bidang pemrograman dan multi
platform yang diprakarsai oleh Sun Microsystem dari sebuah proyek yang
bernama The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991
hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang
dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James
Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.
Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di
Menlo Park.Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan
sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah
peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA
sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven). Setelah era Star Seven
selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari
proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah
ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang.
Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang
menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet
masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk
membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari
film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner
berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama
kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka Kesuksesan mereka diikuti dengan
pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal
23 Mei 1995. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini
dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama
Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak
java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena
sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga
diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang
digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.Begitulah sekilas
munculnya teknologi pemrograman Java ini, yang sepintas juga identik dengan
salah satu daerah di Indonesia, yaitu Jawa, dan beberapa aplikasi yang dibangun
oleh komunitas Java diseluruh dunia menggunakan istilah-istilah yang terkait
dengan indonesia, misalnya Jakarta Tomcat (server untuk java), Gamelan, dan
lain sebagainya.
Sekarang teknologi dan bahasa pemrograman Java bersifat Open Source
dan dikembangkan oleh banyak komunitas yang ada didunia, maka sudah
sepantasnya mulai sekarang kita beralih untuk mempelajari dan menikmati
keunggulan Java ini.Keunggulan-keunggulan dan prospek pengembangan Java di
masa depan inilah yang membuat Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri
Depatemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (BP-KLN RI) mewajibkan
kepada seluruh lulusan Program Kelas D.III Teknisi Komputer dan Jaringan yang
ada diseluruh Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi Java sebagai standar
kelulusannya. Oleh karena itu dibentuk sebuah badan yang diberi nama JENI
(Java Educational Network Indonesia) yang berwenang untuk memberi sertifikasi
standar kelulusan atas penguasaan Java.
· Teknologi Masa Depan Dalam Dunia Pendidikan
Revolusi informasi telah mengubah sistem komunikasi dunia dewasa ini,
sebaran jaringan informasi yang tersimpan dalam internet membuktikan bahwa
kini dunia kian sempit, tidak ada lagi batas-batas geografis yang menghalangi kita
untuk berinteraksi dengan dunia global. Akses ke dunia global pun menjadi sangat
mudah, efisien, dan fleksibel. Kemudahan itu merupakan salah satu manfaat yang
didapatkan dari globalisasi yang melibatkan integrasi di berbagai bidang di
antarannya pendidikan dan teknologi. Sumbangsih pemikiran dari dunia
pendidikan telah melahirkan modernisasi di segala bidang kehidupan masyarakat
dunia saat ini. Berhubungan dengan hal itu, kehadiran teknologi telah
meningkatkan kualitas dan keampuhan pendidikan itu sendiri. sebagaimana
empat pilar pendidikan yang di cetuskan oleh Unesco antara lain learning to
know,learning to do,learning to be, dan learning together. Imbas globalisasi yang
merasuki segala lini kehidupan bangsa di seluruh dunia telah melahirkan berbagai
pandangan berperspektif baru. Sebagai contoh, apabila pada masa sebelum ini
atau era perang dingin, perspektif dunia adalah pemihakan blok, Blok barat atau
Blok timur, maka perspektif dunia pada era globalisasi adalah integrasi; dan
sistem dunia pun dilambangkan dengan World Wide Web (WWW), yang mudah
dijumpai di dalam penulisan alamat situs internet. Arus globalisasi telah
memunculkan perspektif baru pendidikan. Strategi pendidikan dari pendidikan
tatap muka yang konvensional kini berubah ke arah pendidikan yang lebih
terbuka. Pendidikan di masa depan akan lebih dioptimalkan oleh jaringan
informasi yang memungkinkan interaksi dan kolaborasi. Pemanfaatan jaringan
informasi sudah terbukti keutamaan serta benefitnya bagi masyarakat. Dengan
demikian, masuknya pengaruh globalisasi telah mengubah pendidikan kita
sehingga lebih bersifat jejaring, terbuka dan interaktif, beragam, multidisiplin, serta
berorientasi produktivitas kerja “saat itu juga” just on time dan kompetitif.
Perkembangan Pendidikan Masa Depan
Kecenderungan pendidikan Indonesia di masa mendatang adalah makin
berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus pembeelajaran jarak jauh
(distance learning). Saat ini distance learning masih dibatasi untuk universitas
terbuka (UT). Oleh karena itu, izin penyelenggaraan pendidikan jarak jauh perlu
diubah supaya kerja sama internasional dan pembelajaran jarak jauh dapat
dilakukan oleh semua institusi yang berdedikasi. Penyelenggaraan pendidikan
terbuka jarak jauh perlu dijadikan sebagai salah satu strategi penting yang
Implementasinya dapat dilakukan bersama antar lembaga pendidikan dalam
sebuah jaringan. Perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya (guru,
laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi dari pada rak buku.
Kemudian, tahapan pengenalan teknologi informasi ke daerah dilakukan dengan
pola cross subsidi (subsidi silang). Penggunaan perangkat teknologi informasi
interaktif seperti CD room, multimedia, dalam pendidikan secara bertahap
menggantikan tv dan video. Yang lebih menarik lagi, dengan adanya teknologi
informasi dan internet, ilmu pengetahuan tidak lagi terpusat pada bangku sekolah
formal. Seseorang akan dengan mudah memperoleh pengetahuan dari mana
saja. Hal ini merupakan tantangan terakhir bagi dunia pendidikan formal.
Dengan demikian dalam dunia pendidikan di masa mendatang akan terjadi
beberapa perubahan paradigma mendasar, khususnya yang disebabkan oleh
aplikasi teknologi informasi yang menpercepat transfer ilmu pengetahuan.
Pergeseran paradigma tersebut di antarannya adalah:
Pertama, distributed knowledge (pengetahuan yang terdistribusi), yang berarti
bahwa nantinya pengetahuan tidak lagi terpusat di lembaga pendidikan formal
akan tetapi terdistribusi di segala penjuru dunia, dan sangat kondusif untuk long
life learning (pembelajaran sepanjang hidup ). Oleh karena itu, batasan usia tidak
akan menjadi kendala lagi untuk belajar formal, masyarakat tidak akan menilai
seseorang dari ijazah yang dimilikinya. Performance dan kemampuan profesional
akan menentukan karir seseorang.
Kedua, resource sharing (berbagi sumber). Penjelasan untuk hal ini mencakup
kemampuan untuk memproduksi informasi dan pengetahuan serta melakukan
resource sharing yang bertumpu pada teknologi informasi, yang pada akhirnya
akan sangat menguntungkan produsen pengetahuan dan masyarakat pada
umumnya.
Ketiga, collective wisdom (kebijaksanaan kolektif). Dalam hal ini, guru tidak
memiliki jawaban untuk segala hal. Guru menjadi mediator, dalam kelompok
menjadi penting dalam membangun pengetahuan. Oleh karena itu, learning based
(pembelajaran) lebih menonjol dari pada teaching based (pengajaran).
Keempat, training for trainer (pelatihan) menjadi sangat penting sekali untuk tetap
menjaga kemampuan dosen sebagai mediator dalam ketiga proses utama yang di
emban dalam dunia pendidikan (tridharma perguruan tinggi), yaitu : pendidikan,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Kelima, masyarakat dan dunia professional yang akhirnya akan memberikan
penilaian (audit dan akreditasi) terhadap kemampuan seseorang. Oleh karena itu,
ijazah sekolah belum tentu menjamin kemampuan seseorang.
Keenam, proses transformasi budaya. Budaya yang lemah dan pasif akan
dipengaruhi oleh budaya yang kuat dan agresif, kebiasaan membaca yang tinggi,
kemampuan menyerap ilmu dan pengetahuan yang banyak dan cepat,
terbukanya berbagai inovasi, bahkan selalu berusaha mencari hal-hal baru,
pandangan hidup yang berdimensi lokal, nasional dan universal, mampu
memprediksi dan merencanakan masa depan, teknologi yang senantiasa
berkembang dan digunakan.
· Teknologi Informasi Masa Depan di Indonesia
Jika kita bertanya, apa sih bidang yang paling berpeluang bagi aktivitas
kehidupan manusia di masa depan? Jawabannya pasti. Satu diantaranya adalah
teknologi komunikasi dan informasi.
Seorang penulis di sebuah harian terkemuka di Jakarta menyebutkan, bahwa
diantara orang terkaya di dunia seperti Bill Gates, bukanlah seorang yang
menanamkan investasinya pada ekplorasi kekayaan bumi. Bill Gates merupakan
seorang pebisnis yang berhasil menjadi seorang pengusaha dalam deretan nomor
wahid dunia yang bergerak pada dunia teknologi informasi.
Kurang layak jika kita memandang teknologi informasi semata-mata dari sudut
bisnis. Kini kita harus mengakui bahwa seluruh aspek kegiatan kehidupan kita
tidak lepas dari dukungan teknologi informasi. Semua aspek kehidupan sudah
menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas manusia di seluruh pelosok
bumi, termasuk di Indonesia.
“Teknologi informasi bukan lagi merupakan option, tapi merupakan
keharusan,” kata Dr.Ir.Bondan T. Sofyan, M.Si, Direktur Center for Computing and
Information Teknologi (CCIT), Fakultas Teknologi, Universitas Indonesia. “Apa sih
bidang kehidupan yang tidak ada IT nya?. Dari bidang perbankan, system
pertahanan negara yang di dalamnya ada intelligence working system, dari
masalah akuntansi hingga ke teknologinya. Dunia datar yang ada saat kini telah
tersambungkan oleh pipa-pipa jaringan (networking) dengan system IT tersebut
Karena itu, jika kita tidak ikut, mau bagaimana lagi kita?”.
Kini dunia datar memang telah bertumpu dan bersumbu pada Information
Communication Technology (ICT). “Siapapun dan dari manapun, dengan ICT bisa
menjadi pemain utama di pasar kerja,” demikian mengutip Henry Subiakto dalam
artikelnya (Kompas 22 November 2007). ”Adanya internet, alur kerja
memanfaatkan mesin, kemudahan mengirim dan mendapatkan data, outsourcing,
relokasi tempat poduksi hingga kemudahan mencari informasi pada mesin
pencari, tautan digitalisasi bergerak virtual mempribadi, sebagaimana tercatat
pada buku The World is Flat, karya Thomas L Friedman, kolumnis Foreighn Affair,
The New york Times.
Indonesia sendiri harus diakui, sudah ketinggalan di bidang teknologi
informasi, bahkan jauh ditinggalkan India, sebuah negara miskin yang dikenal
belum memiliki sumberdaya manusia yang memadai. Namun ternyata India telah
mencengangkan dunia bahkan membuat Amerika sempat ketar-ketir. Sebuah
perusahaan di Bhaviya, Bangalore, India, telah menyediakan tenaga kerja seperti
operator call center, juru ketik, akuntan hingga programmer computer yang
kesemuanya bekerja untuk negara maju dengan tetap melakukan semuanya di
negerinya sendiri, India. Mereka bekerja sebagai bagian integral dari bisnis global
seperti Dell American On-Line (AOL) dan Microsoft.
Menurut Bondan, jika Indonesia mau maju, harus betul-betul menyiapkan
sumberdaya-sumberdaya manusia (khususnya di bidang IT). Sebenarnya dalam
peneyediaan sarana dan prasarananya (infrastruktur), Indonesia telah
menyiapkan sebagai upaya mengejar ketertinggalan tersebut. Menkominfo kini
telah membangun infrastruktur jaringan informasi yang disebut Palapa Ring ,
yakni jaringan serat fiber optic high speed packet acsess (HSPA) sepanjang
11.000 km dan diperkirakan selesai tahun 2008. Ini merupakan “jalan toll” jaringan
informasi yang menghubungi seluruh pulau-pulau di Indonesia.
Namun demikian, kesemuanya itu adalah berupa pembangunan fisik dan
infrastrukturnya yang menurut Bondan, pembangunan bisa dibeli. “Menkominfo
punya program menyiapkan infrastrukturnya, tentu penekanan programnya lebih
kepada pembiayaan,” ucap Dr Bondan.”.Dengan kesediaan dana, pemerintah
dapat menyiapkan Fiber optic kemudian menginstalnya, maka tersedialah
infrastruktur tersebut. Berbeda dengan menyediakan sumberdaya manusia”.
Menyiapkan sumberdaya manusia itu membutuhkan waktu, kata Bondan. “Bukan
berarti ada uang, sumberdaya manusia itu langsung jadi. Kita harus menunggu
minimal dua tahun lagi,” katanya. “Pemerintah membangun infrastrukurnya. Di
sinilah kita mempersiapkan softwarenya”.
Kesimpulan :
Hampir semua koresponden menggunakan teknologi internet dalam kurun waktu
seminggu sekali (point 1 80%) dan mengakui bahwa internet adalah salah satu
penyedia jasa informasi terlengkap (point 2 100%). Perkembangan IT di dapatkan
melalui media televisi dan media cetak secara berkala (point 3 60%) serta
penggunaan internet sebatas pencarian informasi dan ajang hiburan (point 4
50%:50%). Koresponden menjawab pemakaian internet sering di manfaatkan oleh
kalangan mahasiswa (point 5 80%) dan Indonesia bisa mengikuti perkembagan IT
secara global (point 6 80%). Menyetujui sosialisasi komputerisasi di semua
lapisan masyarakat (point 7 100%), dampak positif akan muncul sangat besar
dengan adanya penggunaan IT di Indonesia (point 8 100%) dan ketidaksetujuan
adanya program anti pornografi (point 9 90%). Sebanyak 80% menyatakan
ktidakpuasan dengan pengtahuan IT yang dimiliki.

Masa Depan Teknologi Informasi
3. Kesimpulan dan Saran

3.1 Kesimpulan

Pengunaan IT dari mulai awal keberadaanya dirasakan memang membawa
dampak yang sangat berpengaruh sekali dalam segala pola aspek kehidupan.
Banyak keuntungan yang bisa diraih dengan adanya IT ditandai dengan
banyaknya perkembangan infastruktur yang berbasiskan IT. Namun demikian
banyak juga penyimpangan ataupun pergesaran yang bersifat sosial yang terjadi
dalam pengaruhnya pengggunaan IT.

3.2 Saran
Penulis sangat berharap masa depan IT khususnya dalam penggunaan
dapat terarahkan secara positif dengan adanya kerjasama ataupun koordinasi
antar stakeholder yang saling terkait dalam pengembangan IT nantinya.
Pengembangan SDM serta sosialisasi IT kepada semua segmen
masyarakat yang diharapkan bisa menghilangkan “gaptek” yang sekarang masih
dialami oleh masyarakat Indonesia. Dengan harapan, masyarkat indonesia bisa
tumbuh, berkembang dan maju sesuai dngan cita-cita bangsa.

Masa Depan Teknologi Informasi
Daftar Pustaka


Preston, John. 2007. Komputer dan Masyarakat. Yogyakarta : Andi offset.
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknolgi Informasi. Jakarta : SalemBa Infotek.
Purbo, Onno. 2003. Teknologi Warung Internet. Jakarta : Elex Media
Komputindo
SITUS WEB
http://www.chip.co.id/tips-and-technologies/tes-teknologi-komputer-masa-depan-
7.html
http://www.iimrusyamsi.com/2008/04/10/it-outsourcing-bisnis-masa-depan/
http://groups.yahoo.com/group/berita-it/message/8237
http://www.hi-technews.net/news/?c=Hotnews&id=1072
http://www.profilptn-pts.com/teknologi-informasi-jurusan-berorientasi-masa-depan
www.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar