Kamis, 10 Maret 2011

Tentang Browser dan Fitur-fitunya

Browser adalah sebuah aplikasi yang sangat penting apabila Anda ingin menjelajahi situs-situs yang ada di dunia maya, disamping sambungan internet. Beberapa nama web browser yang menguasai pangsa pasar adalah Mozilla, Internet Explore, Google Chrome dan Opera Mini.

Fitur-fitur yang disediakan pun bermacam-macam. Untuk fitur minimal sendiri, hampir semua web browser telah terdukung dengan berbagai format file dan protokol.

Semua web browser memungkinkan Anda untuk membuka beberapa website pada saat yang bersama, baik di tampilan browser yang lain atau pun di bererapa tabulasi (tab) dari tampilan yang sama. Ada juga fitur pop-up blocker, yang mencegah Anda mengakses website yang belum memiliki izin terpercaya.

Hampir kebanyakan web browser mampu menampilkan daftar-daftar halaman web yang Anda telah tandai, sehingga Anda dapat membuka situs tersebut dengan cepat dan mudah. Selain itu, kebanyakan browser juga bisa diperpanjang melalui plug-in, komponen download atau mengunduh yang menyediakan beberapa fitur tambahan.

Dan berikut ini adalah beberapa fitur wajib, yang pastinya sudah terdapat pada browser-browser yang ada:

* Back dan Next, merupakan tombol yang berfungsi untuk kembali ke website yang sebelumnya dan maju lagi ke website yang telah ditutup;.

* Refresh atau reload, yang dapat Anda gunakan untuk membuka ulang (reload) website yang sedang Anda gunakan;

* Stop, yang bisa Anda gunakan untuk membatalkan sebuah tampilan website secara otomatis;

* Home, tombol yang berfungsi untuk kembali menuju ke halaman paling pertama (halaman muka);

* Tab, yang merupakan singkatan dari tabulasi, memungkinkan Anda untuk membuka beberapa website pada sebuah tampilan web browser yang sama, tanpa perlu keluar dari tampilan yang tengah Anda gunakan;

* Status bar, yang menampilkan segala macam informasi tentang apa yang Anda lakukan. Tetapi, fungsi utama dari status bar hanyalah untuk menunjukkan kecepatan dari jaringan internet Anda dan URL dari alamat yang Anda tuju;

* Address bar, yang memungkinkan Anda untuk memasukkan Uniform Resource Identifier (URI) dari website yang Anda inginkan dan Anda tuju; dan

* Search, yang merupakan istilah input ke mesin pencari (search engine).

Sumber : http://www.anneahira.com/tentang-browser.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar