Rabu, 09 Maret 2011

PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT

Sekarang kita berada di dalam dunia yang sedang mengalami revolusi penerapan hasil teknologi terutama dari teknologi komputer. Komputer telah mempengaruhi kehidupan kita baik pribadi, masyarakat, organisasi-organisasi dan pemerintahan. Artinya komputer telah berperan sangat penting hampir disegala bidang kehidupan masyarakat. Komputer merupakan salah satu penemuan produk teknologi, tetapi komputer lebih cepat berkembang dibandingan teknologi lainnya. Hal yang membedakan komputer jika dibandingkan dengan teknologi lainnya adalah :

• Kemampuan komputer untuk dapat diprogram, guna melaksanakan berbagai tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
• Kecepatan perkembangan teknologinya. Bermula dari komputer berukuran besar yang membutuhkan pembangkit panas, sampai saat ini komputer dengan ukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana.
Pada dasarnya komputer digunakan untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali berbagai jenis data untuk bermacam-macam kebutuhan. Contoh bidang pekerjaan yang terpengaruh oleh komputer :

• Di Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Pengolahan data pada aplikasi teknik memanfaatkan kecepatan dan ketepatan komputer dalam menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bila dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, sekarang dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.
* Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar komputer
* Membuat model molekul-molekul yang dapat ditampilkan secara
grafik pada komputer, untuk mengamati bagaimana molekul-molekul itu
saling bereaksi dengan lainnya.
* Dapat dipergunakan untuk mempelajari keadaan tanah serta contour dari
suatu daerah (GIS=Geografic Information System).

• Aplikasi dari CAD (Computer Aided Design)
digunakan untuk merancang bentuk-bentuk bidang teknik, seperti
rancangan mobil, gedung ataupun suatu ruang.

• Bidang Bisnis
Kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Salah satu aplikasi bidang bisnis adalah MIS (Management Information System) atau SIM (Sistem Informasi Manajemen).
SIM merupakan suatu sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen. Salah satu bagian dari SIM adalah AIS (Accounting Information System) yaitu sistem akuntansi yang meyediakan informasi baik manajemen maupun pihak luar yang menggunakan komputer untuk mengolah data akuntansinya.

• Bidang Industri
Penerapan komputer di bidang industri memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan efektif.
Di dalam proses produksi komputer dipergunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (proses control).
* Pengawasan numerical berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi dari mesin-mesin yang dipergunakan, seperti misalnya mesin pres, mesin pemotong dan lain-lainnya. Contoh komputernya adalah IBM’s AUTOSPOT ( AUTOmatic Systemf for Positioning Tools)
* Pengawasan proses (process control) berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang sifatnya kontinyu. Komputer digunakan industri untuk mengatur secara otomatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak seperti waktu pengolahan, berat bahan, temperatur, volume dan sebagainya. Aplikasinya digunakan untuk produksi baja, penyulingan minyak, semen, makanan, bahan-bahan kimia dan lain-lainnya.

• Bidang Perbankan
Komputer dipergunakan untuk menghasilkan informasi baik bagi manajemen bank sendiri atau kepada nasabah bank, misalnya melalui ATM (Automatic teller Machine) dan Internet Bangking.

• Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan komputer digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar. Misalnya program paket belajar matematika, biologi, bahasa sampai dengan pengukuran hasil belajar (ujian melalui komputer) dan lainnya. Metode belajar dengan komputer cukup efektif karena selain menarik juga interaktif.

• Bidang Kedokteran
Komputer digunakan di rumah sakit-rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat.
Sistem CAT ( Computerized Axial Tomography)
digunakan untuk mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak, dengan menyinari bagian yang akan dianalisis penyakitnya.
Sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstruktor)
digunakan untuk mengambil organ tubuh yang bergerak.
SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography)
digunakan untuk medeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.

• Bidang Kriminalitas
Komputer dapat membantu bidang kepolisian dalam menangani berbagai kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku kriminal. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi internet beserta kejahatan canggih yang menyertainya.

• Bidang Pemerintahan
Dengan adanya komputer membantu pemerintah untuk menangani data kependudukan yang sangat besar untuk disimpan dalam komputer yang mampu menangani sejumlah data yang cukup signifikan, selain itu dapat digunakan untuk membantu kegiatan pemilihan umum yang bersifat nasional.

• Dan masih banyak bidang lainnya yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komputer guna pemanfaatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar