Kamis, 10 Maret 2011

ArtikeL "Sisi Gelap Dunia Komputer"

Jenis-jenis Kejahatan Komputer
Banyak orang menyangka bahwa untuk melakukan suatu kejahatan di bidang komputer diperlukan peralatan canggih yang mahal dan setidak-tidaknya mempunyai suatu keahlian khusus atau mempunyai titel dibidang komputer. Dugaan ini adalah salah besar. Kejahatan komputer bisa dilakukan dengan peralatan komputer yang sederhana dan harganya murah. Bahkan kejahatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan “dumb terminal“.
Pada dasarnya hanya ada 2 pengetahuan yang mutlak harus diketahui oleh para penjahat komputer :
1. Para penjahat komputer harus mengetahui bagaimana cara mendapat akses ke dalam komputer perusahaan yang menjadi targetnya.
2. Para penjahat komputer harus mengetahui bagaimana manipulasi prosedur-prosedur sistem komputer untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Kejahatan Komputer Secara Internal
Kejahatan komputer secara internal adalah kejahatan yang dilakukan oleh atau mendapat bantuan dari “orang dalam”. Para pelaku kejahatan tidak perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan akses ke dalam komputer perusahaan, karena sebagian besar “orang dalam” telah mempunyai akses ke dalam komputer perusahaan. Kejahatan komputer jenis ini sangat tergantung pada mekanisme kerja sistem komputer perusahaan yang bersangkutan.
Pada dasarnya kejahatan kkomputer ini dapat dilakukan dengan cara :
1. Manipulasi transaksi input dan mengubah data.
Manipulasi transaksi-transaksi input dan mengubah data adalah jenis kejahatan komputer yang paling sering dilakukan karena sederhana dan kemudahannya.
Contoh :
- Mengubah transaksi
- Menghapus transaksi input
- Memasukkan transaksi tambahan

2. Modifikasi Software/Hardware.
Kejahatan komputer yang memodifikasi software//hardware biasanya dilakukan oleh seorang programmer ataupun para tehnisi yang memperbaiki/memasng sistem komputer perusahaan.
Contoh :
- Akses pintu belakang
- Bom Logika
- Pembulatan Angka (metode Salami)
- Penambahan Hardware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar