Kamis, 10 Maret 2011

Kasus "Seperti Windows, Trojan BlackHole RAT Susupi Mac OS X"

Sebuah trojan baru telah diketahui menyusup ke dalam sistem mac OS X, menurut pernyataan dari sebuah perusahaan keamanan. Menurut Sophos, trojan tersebut bernama "BlackHole RAT" yang berasal dari pembuatnya dan kemudian diberi nama "MusMinim" oleh Sophos, yang diketahui pula sebagai trojan pengendali jarak jauh di Windows. Pembuat trojan tersebut menyatakan bahwa malware itu belum lengkap, namun sudah bisa melakukan hal-hal aneh di Mac. Namun, dari pihak Sophos yakin bahwa malware tersebut tidak terlalu beresiko tinggi, dan malware itu dapat dihilangkan dengan software antivirus.
Jika Mac terinfeksi, maka trojan tersebut akan membuat file text di desktop, membuat komputer dalam modus ‘sleep’, membuat komputer menjadi restart atau shutdown sendiri dan menjalankan "arbitrary shell commands”. Selain itu, trojan tersebut juga dapat membuka jendela mata-mata (phishing) untuk mendapatkan input password user. Ketika tertampil jendela pop-up full screen di monitor, maka user kemudian terpaksa me-restart komputer mereka.
"I am a Trojan Horse, so I have infected your Mac Computer. I know, most people think Macs can't be infected, but look, you ARE Infected! I have full controll (sic) over your Computer and I can do everything I want, and you can do nothing to prevent it. So, Im a very new Virus, under Development, so there will be much more functions when I'm finished”, tulis dalam text trojan tersebut.
Text trojan tersebut kemudian seperti meluluhka perdebatan selama ini bahwa Mac OS X lebih aman dibanding Windows. Namun, jika dipikirkan secara logika, mereka (hacker) yang menyusup ke dalam Windows percaya bahwa keamanan adalah permainan uang, dan banyak hacker yang bisa menghasilkan banyak uang dari banyak pengguna Windows di seluruh dunia, daripada sejumlah kecil pengguna Mac OS X. Oleh karena itu, sejumlah hacker sering mengabaikan Mac OS X, ungkap Sophos.(h_n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar